Muncul kembali segmen “Start Your DVD” Edisi ke 2, kali ini Start your DVD membahas tentang Film komedi yang lain dari biasanya. Lain dari biasanya? karena film ini benar-benar  keluar dari peraturan tak tertulis dari definisi film komedi yaitu relax alias “gak perlu pake mikir, yang penting ketawa”. Hot Fuzz adalah film action comedy yang dimana penonton juga perlu berpikir namun tetap bisa tertawa, jalan cerita benar-benar out of the box. So daripada cas…cis…cus… aja lebih baik kita simak reviewnya…

KONDISI SEBELU MEMBUKA SEGEL

Bukan Blu-ray tapi paling gak covernya beginian lah...

Dari segi sampul memang tidak begitu ramai ala film-film Amrik, tapi desainnya sungguh fantastis. Benar-benar menggambarkan sosok film ini sebenarnya, naah… hal ini sepenarya faktor utama dalam menjual film yaitu sampul. Sampul ini mampu menceritakan bahwa film ini bergenre komedi (jelas lah… sok sok keren tapi polisnya gendut) serta action (api yang membara) dan polisi yang sejenis FBI walaupun sebenarnya gak segitunya (baju lengkap ala Densus 88). Oh ya, kali ini DVD boleh minjem di toko rental DVD, jadi kualitas “ori” tidak diragukan lagi. Seperti biasa plot aneh tetep males diceritain hehe… Jangan lupa juga  pembuat Hot Fuzz ini juga pembuatnya film Shaun of the Dead jadi mantab kinanya pasti sama. Next, ada komen dari beberapa orang yang sudah nonton bisa disimak disini. Lumayan mengangkat derajat lah ya….

Judul : Hot Fuzz
Sutradara : Edgar Wright
Genre : Action Comedy
Pemain :
Simon Pegg Nicholas Angel
Martin Freeman Met Sergeant
Bill Nighy Met Chief Inspector
Robert Popper ‘Not’ Janine

SETEL BUNG

pekerjaan polisi desa : suruh nangkep angsa

What The ....!

Dipindahkan ke kota kecil dari sebuah kota besar jelas bukan hal yang mudah bagi seorang sersan penuh dedikasi seperti Sergeant Nicholas Angel. Biasa bertugas di kota besar seperti London, sekarang ia dipindahkan ke sebuah dusun kecil penuh kedamaian bernama Sandford Village. Bisa ditebak betapa rusuh pada awalnya Sandford Village kedatangan seorang Nicholas Angel. Dia begitu sigap ‘menangkapi’ semua orang yang berbuat kesalahan – sekecil apapun kesalahan itu. Di pihak lain, pasangannya PC Danny Butterman adalah seorang yang menanggapi segala sesuatunya dengan santai, baginya misi polisi yang seru hanya bisa ditonton melalui film-film; terutama film favoritnya Bad Boyz II! Angel dan Butterman akhirnya mulai belajar satu dari yang lain…

walau polisi desa, masih bisa action gitu loh....

Sergeant Nicholas disini digambarkan seperti orang yang mempunyai niat yang tinggi terhadap pekerjaannya, dan dia ditempatkan ke divisi yang paling tinggi (mungkin brimob gitu lah) namun ada misi yang tidak bisa ia tuntaskan. Oleh karena itu ia harus bedol desa, namun ia merasa terkungkung dalam nasibnya di Sandford Village, yang tadinya berskill tentara menjadi polisi desa biasa. Sedangkan Danny hanyalah polisi desa gendut yang tidak bisa apa-apa, kerjaannya sebagai polisi sangatlah monoton alias tak ada kemajuan. Seperti alinea sebelumnya, misi seperti itu dianggapnya hanya cuma di film favoritnya saja.

Bisa dibilang walau beda cara penyajiannya tapi feel keduanya tetep bisa dapet.

Overall, camera movement disini cukup halus sehingga tetap mendapat sensasinya saat menonton. Angle shot saya rasa baik… Tata artistik sangat baik karena kita sangat mendapat feelnya yang serasa suatu desa di Inggris nan damai. Alur cerita tidak memusingkan namun yang paling bagus adalah dia menciptakan genre sendiri dimana kita tetap bisa tertawa tanpa poin penting unsur komedi seperti seks, kriminal dan sebagai mana macamnya…. Malah saya rasa inilah Action Comedy sesunngguhnya karena merupakan “crossover” dari genre action yang menuntut harus berpikir dan comedy yang tidak menuntut harus ketawa (tapi tetep ketawa juga kan…) alias hiburan.

So? anda bisa menilainya sendiri dengan menontonnya, menurut saya film ini mantabs!

SELAMAT MENONTON…

Penggemarnya pun bikin sampai gambar versi komiknya, cihuii....