Akhir-akhir ini Astra Honda Motor (AHM) sedang getol-getolnya menelurkan berberapa produk terbarunya. Setelah CS1 disusul dengan BeAT dan Blade 110R terakhir ini, kini desas-desus mulai bermunculan tentang pengganti Megapro. Motor berkapasitas 160cc ini mulai dipersiapkan setelah Blade dikeluarkan, kabar pun mulai memanas setelah diketahui honda akan menurunkan 10cc menjadi 150cc. Benar tidaknya berita ini masih dipertanyakan.

Honda Megapro berkapasitas 160cc

Berbagai alasan pun mulai bermunculan mengapa Honda berbuat demikian. Hal yang paling masuk akal adalah membanjirnya produk-produk motor sport berkapasitas 150cc. Contoh yang paling dominan adalah Yamaha V-Ixion dan Suzuki Satria FU yang cukup laris manis. Apalagi V-Ixion yang sarat akan berbagai teknologi, menurut survey yang dilakukan tabloid Otomotif penjualan yang paling meningkat drastis dipegang V-Ixion di kelas sport 150cc-180cc . Padahal bila melihat secara harga, V-Ixion paling tinggi di kelasnya. Bahkan tidak beda jauh dengan kakaknya, Scorpio dengan selisih hanya sekitar Rp.500.000,-.

Untuk melindungi penjualan Honda dari serangan Yamaha di segmen sport, Honda akan merubah total Megapro. Melihat V-Ixion sudah bermain injeksi serta telah dilengkapi radiator dan deltabox, akankah Honda menambahkan fitur kepada pengganti Megapro untuk menyamai V-Ixion? Berikut adalah berberapa kandidat pengganti Megapro.

Honda Unicorn

Honda yang diproduksi di India ini mempunyai senjata pamungkas yang sama dengan V-Ixion, yaitu suspensi dengan sistem monosok. Mengadaptasi lampu berfairing ciri khas motor India seperti Bajaj Pulsar dan TVS Apache. Memakai paduan striping membuat motor ini cukup mencuri perhatian orang-orang.

 

Untuk dalam perkotaan, Unicorn sama handalnya seperti Megapro dalam hal torsi yang besar. Dari data yang didapat, diketahui bahwa Honda Unicorn dapat meletupkan tenaga 13,3 hp pada 8000 rpm dan torsi 13 nm pada 5500 rpm.

Spesifikasi Honda Unicorn 150cc

Honda Unicorn

Honda Unicorn

Dimensions

 

(L/W/H)

2090/750/1095mm

Ground clearance

168mm

Wheelbase

1340mm

Fuel tank capacity

13lt

Kerb weight

139kg

Price (ex-showroom, Mumbai)

Rs 50,059

Engine

 

Layout

Single-cylinder,4-stroke, air-cooled

Displacement

149.1cc

Max power

13.3bhp@8000rpm

Max torque

1.3kgm@5500rpm

Specific output

89.2 bhp per lt

Power to weight

95.6 bhp per tonne

Installation

Inclined from vertical

Construction

Alloy block and head

Bore/stroke

57.3/57.8mm

Valve gear

2 per cylinder, sohc

Compression ratio

9.1 :1

Ignition and fuel

CDI,CV carburettor

Gearbox

 

Type

Manual 5-speed

Suspension

 

Front

Telescopic forks

Rear

Monoshock, dual sided swingarm

wheels and tyres

 

Made of

Wire-spoke

Wheel size (front/rear)

18×1.60/ 18×1.85 inches

Tyres (front/rear)

2.75 x 18/3.00 x 18

Brakes

 

Front

240mm disc

Rear

130mm drum

 

Kph Sec
10 0.62
20 1.14
30 1.79
40 2.83
50 4.20
60 5.86
70 8.26
80 11.36
90 15.36
100 22.64

Acceleration (kph)

 

 

20-40

40-60

60-80

80-100

 

2nd

3rd

4th

5th

2.60

3.94

3.92

5.02

6.91

5.29

6.30

8.85

25.13

 

Braking

60-0kph 15.53m/1.85s

Fuel Economy (kpl)

Highway 52.7 City 49.9 Overall 51.3

Speedo error

Speedo kph/True kph
20/20,40/37,60/56,
80/72,100/88

 

Hero Honda Hunk

Hero Honda adalah suatu perusahaan otomotif India yang bekerjasama dengan Honda. Maka dalam pembuatannya kebanyakan terpengaruh selera biker-biker India. Tampangnya diilhami dari Honda CBZ Xtreme, sedikit berisi namun proposional dengan mesin 150cc-nya. Bila diperhatikan kembali ada pula unsur dari Honda Tiger Revo, dengan kapasitas mesin yang demikian Hunk terlihat seperti Baby Tiger Revo.

 

Nampaknya Hunk didesain untuk penggemar kecepatan, hal ini dapat dilihat dari tenaga yang dihasilkan yaitu 14,4 hp pada 8500 rpm dan torsi 12,8 nm pada 6500 rpm.

 

Spesifikasi Hero Honda Hunk 150cc

Technical Specification
Engine : Air Cooled, 4 – Stroke Single Cylinder OHC
Displacement : 149.2 cc
Max Power : 10.6 Kw (14.4 Ps ) @ 8500 rpm
Torque : 12.80 N-m @ 6500 rpm
Bore x Stoke : 57.3 X 57.8 mm
Carburettor : C. V Type
Ignition : AMI – Advanced Microprocessor Ignition System
Gear Box : 5 Speed Constant Mesh
Type : Tubular, Diamond Type
Suspension :
Front- Telescopic Hydraulic Shock Absorbers
Rear- Rectangular Swing Arm with 5 Step Adjustable Gas Reservoir Suspension – GRS
Brakes :
Front- Disc: 240 mm Dia Disc – Non Asbestos Type
Rear- Drum: Internal Expanding Shoe Type (130 mm), Non Asbestos Type.
Rim Size :
Front- 18 X 1.85, Alloy Wheel
Rear – 18 X 2.15, Alloy Wheel
Tyre Size:
Front- 2.75 X 18 42P
Rear-100/90 X 18 – 56P (With Tuff-up Tube)
Battery : 12V -7 Ah
Head Light : 12V – 35 / 35 W = Halogen Bulb (Mulit Reflector Type)
Tail Lamp : 12 V – 5W
Stop Lamp : 12V – 21W
Turn Signal Lamp : 12 V – 10W x 4 nos, Clear Lense, Multi reflector Type.
Fuel Tank Capacity : 12.4 Ltrs
Reserve- 2.2 Ltrs (Usable Reserve)
Length : 2080 mm
Width : 765 mm’
Height : 1095 mm
Wheel Base: 1325 mm
Saddle Height : 795 mm
Ground Clearance : 145 mm
Kerb Weight : 143 Kg (Kick) / 146 Kg (self)

 

 Honda CBR150R

CBR sebenarnya bukanlah tipe yang sama dengan Megapro, akan tetapi desas-desus yang beredar mengatakan AHM akan menjual CBR150R versi rakitan negeri dan desain akan berbeda. Sama seperti CS1 yang berasal dari Sonic RS Thailand, desain CBR akan dibuat oleh anak bangsa sehingga mempunyai ciri khas biker Indonesia. Dari segi mesin tidak banyak berubah dengan CBR Thailand Version. Kita tunggu saja…

 

Selama ini menurut penyelidikan saya, kandidat penerus megapro ada 3, yaitu motor-motor di atas ini. Ada kemungkinan Megapro hanya difacelift seperti yang dilakukan Honda terhadap Tiger 2000 menjadi Tiger Revo / GLR. Mungkin juga Honda akan merilis 2 motor dengan segmen berbeda yaitu Next Megapro dan CBR150R -Indonesia Version-. Selama ini AHM masih tidak mau berkomentar banyak tentang hal ini. Kita tunggu saja keputusan AHM terhadap motornya tersebut.